‘People Person’ to become a better Team Person

Apasih itu People Person?

Gimanasih caranya menjadi People Person?

  1. Pandai menyapa orang lain
    Seorang people person mampu memberikan sambutan atau sapaan yang hangat ketika bertemu dengan orang. Ia menyapa dengan senyuman hangat dan berjabat tangan apabila bertemu. Dengan sapaan seperti ini, orang lain akan mendapatkan warm feelings terhadap orang tersebut.
  2. Menjadi pendengar yang aktif
    Tips berikutnya adalah tentang mendengar lawan dengan baik. Dalam komunikasi, mendengar lawan adalah aspek yang penting banget. Ketika sedang mengobrol atau diskusi, alangkah baiknya ketika mendengarkan lawan dengan baik tanpa memotong secara tidak sopan. Saat mendengarkan pun, diusahakan agar mindful mendengarkan lawan bicara dan berusaha menikmati pembicaraanya.
  3. Menunjukkan sikap rendah hati
    Kebanyakan orang tidak suka dengan orang yang sombong atau berbangga diri. Dan kebalikannya orang cenderung senang dengan orang yang rendah hati atau orang yang mampu menghargai orang lain.
  4. Mampu mengingat hal-hal penting
    Seorang people person akan berusaha mengingat hal-hal yang kecil terkait orang. Ketika sedang mengobrol terus lawan bicaranya membeberkan suatu detil kecil tentang hidupnya, karena people person adalah pendengar yang baik, maka detil kecil itu akan teringat dan mungkin diungkapkan lagi ketika bertemu lagi dengan lawan bicaranya.

Buat apasih jadi People Person dalam suatu tim?

  1. Memberikan suasana positif dalam tim
    Suasana positif dalam sebuah tim dapat meningkatkan mood kerja timya. Seorang people person biasanya dapat membawa vibes positif sehingga menjadi suatu mood booster bagi tim.
  2. Menunjukkan bahwa kita peduli
    Dengan menjadi seorang people person, tim kita akan terasa bahwa kita lebih peduli dengan mereka secara professionnal maupun personal. Ini akan membantu kita mempunya relasi baik dengan teman setim dan juga memperlancar kerja sama. Dengan itu juga akan ikut menyumbang ke suasana positif timnya.
  3. Menunjukkan bahwa kita mampu professionnal
    Dengan menjadi people person bukan berarti kita dapat dimanfaatkan atau jadi “pushover” tapi kita mampu menghandle konflik yang muncul dengan baik dan professional.

--

--

--

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Abdurrafi Arief

Abdurrafi Arief

More from Medium

The PAPSS platform and the case for a more connected Africa

The Penn Community

NuLink Holders,Naming Chic for NuLink Army!

Overwolf’s Investment Thesis